IMG-LOGO
Keuangan

Jangan Ngeres ya, Aplikasi Kontool Ini Buat Hitung Keuangan

-
IMG

Jakarta, teknonomi – Sebuah aplikasi keuangan asal Jerman meramaikan jagad netizen Indonesia. Kegaduhan bukan disebabkan fungsinya tapi hanya karena namanya yang terkesan sangat vulgar di Bahasa Indonesia.

Lantas apa nama aplikasi itu?

Namanya Kontool. Ini merupakan aplikasi pengelola keuangan yang berfungsi mengelola beberapa fitur termasuk menghitung pajak, mengolah data keuangan serta memprediksi keuangan perusahaan di masa depan.

Sebenarnya nama Kontool dalam bahasa Jerman aplikasi ini adalah perpaduan dari kata akun (bahasa Jerman: konto) dan tool (bahasa Inggris: alat).  Jadi tidak jorok dan vulgar.

Kontool merupakan startup atau perusahaan bidang analitik. Kantor pusat Kontool ada di Berlin, Jerman. Kontool tercatat didirikan pada 1 April 2012. Artinya perusahaan ini sudah berusia 7 tahun pada tahun ini. 

Kontool menggunakan 8 produk dan layanan teknologi dalam pengembangan dan pengelolaan perusahaan. Di antaranya 8 teknologi yang dipakai yaitu Google Analytics, WordPress dan Vimeo. 

Untuk website, Kontool secara aktif menggunakan 35 teknologi, di antaranya Viewport Meta, iPhone/Mobile Comatible, dan SSL by Default.

Namun heboh nama ini terlanjur jadi bahan candaan netizen Indonesia. Tak pelak pihak Kontool harus menjelaskannya.

Berikut petikan jawabannya yang ada di social media; 

"Sambutan hangat untuk orang-orang Indonesia. Sekarang kami menyadari arti Kontool dalam bahasa Anda. Dalam bahasa Jerman aplikasi ini adalah perpaduan dari kata akun (bahasa Jerman: konto) dan tool (bahasa Inggris: alat). Ketika kami datang dengan produk kami di pasar Anda. saya pikir kami harus menemukan nama baru...Tapi, pertama-tama kita harus menaklukkan pasar Jerman," kata akun resmi Kontool di salah satu postingan-nya.