IMG-LOGO
Perspektif

Survei Michael Page; Tahun 2020 Kenaikan Gaji Paling Tinggi Ditawarkan Industri Digital

-
IMG

Jakarta, teknonomi --Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 merilis bahwa kenaikan gaji paling tinggi tahun 2020 nanti sebesar 50%, akan ditawarkan oleh industri digital dan teknologi. Ini sejalan dengan bagaimana kedua sektor ini bertumbuh selama tiga tahun terakhir. Industri digital dan teknologi juga menawarkan kenaikan gaji antara 15-50% bagi mereka yang berhasil pindah kerja, namun masih dalam sektor yang sama.


Peningkatan ini utamanya disebabkan oleh bertambahnya permintaan akan sejumlah posisi di dalam industri tersebut, seperti antara lain di level pimpinan di bidang teknis (engineering), pengembangan usaha digital, analisa data, manajer pemasaran dan manajer produk digital.



“Selama tahun 2019, kita telah saksikan sendiri bagaimana industri teknologi semakin membutuhkan ahli-ahli di bidang Big Data dan keamanan dalam bidang cyber,” ujar Imeiniar Chandra, Associate Director -Michael Page Indonesia, seperti dilansir dari keterangan pers_nya.



Selain itu, tiga bidang yang paling banyak memberikan kesempatan pengembangan karir adalah teknik (engineering), sales, dan marketing. Industri digital dan teknologi selalu mencari kandidat-kandidat yang berpotensi di bidang teknis dan manajer produk. Hal ini yang juga perlu diantisipasi oleh para kandidat.



“Memahami dinamika usaha sangatlah penting bagi semua orang yang terlibat di dalam industri, tetapi yang perlu dicatat oleh para profesional di Indonesia adalah, bahwa soft skills juga sangat penting dan merupakan pertimbangan utama dari para pemilik usaha atau pemberi kerja. Didalamnya ada keahlian berkomunikasi, pengendalian konflik, pengelolaan perubahan (change management), serta bagaimana membangun hubungan kerja,” tambah Imeiniar Chandra.



Disamping itu, menurut Michel Page, Indonesia akan mengalami peningkatan pangsa pasar serta penambahan jumlah start-up serta berbagai produk dan layanan baru berbasis digital di tahun 2020, terutama dalam kategori financial technology (fintech).



Dompet digital yang semakin meluas penggunaannya oleh para konsumen Indonesia dalam melakukan pembayaran sehari-hari, juga bagaimana dua pemain besar dalam kategori ini telah menikmati pertumbuhan serta pangsa pasarnya di Indonesia. Tren-tren terbaru dan pertumbuhan bisnis serta berbagai perubahan dalam dunia pembayaran digital akan menjanjikan lebih banyak lapangan pekerjaan di tahun 2020.(W2)